Selasa, 24 September 2013

ANUGERAH KAFT

Anugerah KAFT
Amanat Mubes Ke-5

Dalam upaya membesarkan suatu organisasi dibutuhkan antusiasme yang tinggi, konon lagi terhadap organisasi intelektual seperti komunitas para alumni perguruan tinggi. Untuk ini diperlukan adanya konsolidasi alumni untuk  membangun kembali  antusiasme yang pernah ada dalam diri seluruh alumni melalui jenjang angkatan, senioritas, dan hubungan antar jurusan.  
Untuk meningkatkan kinerja KAFT berkelanjutan, tentu diperlukan perwujudan kegiatan jelas dan terukur, seperti penginformasian peluang kerja, dunia usaha, pemagangan, pendidikan lanjutan dan lain sebagainya. Di samping itu, organisasi harus dapat meningkatkan kebersamaan, kepedulian, saling menghargai dan memberi pengakuan sehingga KAFT selalu dapat memposisikan dirinya sebagai organisasi  bermartabat dan bermamfaat bagi almamater Fakultas Teknik Unsyiah serta masyarakat pada umumnya.
Sudah saatnya, keberadaan kompetensi almamater tidak lagi dalam kemasan kekuatan semu yang tersia-siakan dalam perjalanan waktu. KAFT mampu memperlihatkan kehandalan para alumni, khususnya lewat kualitas para junior yang diyakini lebih tangkas dari generasi terdahulu produk kemudahan zaman. Meskipun demikian, informasi yang berkembang menggambarkan solidaritas sesama masih perlu pembenahan.
Di era millenium ke-3 yang sarat menuntut terbentuknya iklim reward dan punishment, sudah semestinya KAFT dapat memnfaatkan konsep ini untuk menggalang kekuatan bersama. Salah satu upaya praktis yang akan dilakukan untuk menciptakan iklim kepedulian sesama yang handal, Mubes Ke-5 KAFT mengamanatkan perlunya membangun keterkaitan antara alumni yang mengabdi di kampus dengan alumni yang berkarya di luar.  Keterkaitan ini berupa apresiasi dengan tujuan didapatkannya suatu kekuatan hubungan emosional melalui mekanisme tertentu yang dipelopori KAFT. Dengan mengusung tema, the power of togetherness, apresiasi dimaksud dinamakan Anugerah, yang dikelompokkan ke dalam beberapa klasifikasi.

       I.            Anugerah Karya Cipta Teknika Kaft
Kelompok alumni penerima anugerah ini didasari atas penemuannya di bidang ke-teknikan, baik dalam bentuk software maupun hardware. Kriteria untuk ini dapat disusun sesuai dengan kajian akademis dan kajian pengaruhnya di pola pikir almamater.

    II.            Anugerah Karya Cipta Artistika Kaft
Kelompok alumni penerima anugerah ini didasari atas karyanya di bidang seni, boleh dalam aspek ektrakurikuler namun cukup memberi kekuatan dalam penggalangan kebersamaan almamater.

 III.            Anugerah Karya Cipta Akademika Kaft
Kelompok alumni dan dosen penerima anugerah ini didasari atas karyanya di bidang karya tulis, khususnya buku-buku ajar bagi pengembangan ke-teknikan.

IV.            Anugerah Karya Prakarsa Kaft
Kelompok alumni penerima anugerah ini didasari atas kreasi dan aktivitasnya dalam membangun kegiatan kampus atau pasca pembelajaran.

   V.            Anugerah Karya Warga Kaft
Anugerah ini diberikan kepada para masyarakat yang berkarya dalam mendukung dunia ke-teknikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar