Selasa, 28 Januari 2014

ASLI KESUMA

Asli Kesuma

Asli Kesuma
Sudah lama aku mencari pencetus slogan Bireuen yang cukup melekat di ingatan aktivis Kota Juang di era akhir 1980-an. “Gemilang Datang Padamu, Bila Tekad Kukuh Berpadu,” demikian ungkapan penggerak aktivitas kawula muda kala itu. Bang Avid Daud, tokoh muda Kota Juang yang cukup populer masa itu mengungkapkan kepadaku, bahwa “yang merangkai kata-kata itu ialah Pak Asli Kesuma,” demikian ungkapnya suatu ketika. Tentu aku penasaran tentang sosok ini, di samping perlu membuat catatan untuknya. Aku pernah membaca kalimat itu pada pahatan marmer landasan batu kureng di depan Pendopo Bireuen pada 1989. Waktu itu Bireuen masih berstatus bagian dari Kabupaten Aceh Utara. Pada tahun 2002 tulisan itu dipindahkan sehingga aku merasa kehilangan untuk mendokumentasikannya. Tadi pagi, Selasa (28/01/14) aku menagih foto Pak Asli Kesuma pada salah seorang pegawai DPRK Tamiang, yang merupakan adik ipar beliau. Sudah lama aku meminta foto ini dari perkenalan kami beberapa bulan silam. Tentu aku senang sekali mendapatkan foto salah seorang tokoh Majelis Adat Aceh (MAA) ini. Semoga karya Pak Asli Kesuma untuk pembelajaran generasi sekarang mendapat imbalan dari Yang Maha Kuasa.



2 komentar:

  1. terima kasih kepada bung essex yang telah memposting dan mengangkat cerita sejarah dari ayahanda kami. Semoga apa yang almarhum ayahanda telah lakukan untuk Aceh, mendapat balasan kebaikan dari Allah subhanahuwata'ala

    BalasHapus
  2. Semoga menjadi amalan bagi beliau

    BalasHapus