Jumat, 13 Desember 2013

INVESTASI PERTEMANAN


Razuardi Ibrahim, Nopember 2013

Sejak kuliah aku bertemu banyak kawan baru tanpa sekat apapun. Bagiku, pertemanan merupakan suatu ketulusan dalam hal memberi dan menerima sesuai daya masing-masing. Artinya, pertemanan merupakan kerelaan dalam pengorbanan dalam koridor positif, tanpa harus memikirkan bilamana pengorbanan itu akan memberi dampak materi atau kewajiban lainnya. Ketika berstatus mahasiswa tentu aku memberi pengorbanan dari aspek pemikiran dan tenaga berikut keterampilan yang aku punyai. Hari ini aku memaknai perjalanan pertemanan yang aku  jalani sebagai pengelompokkan orang-orang ber-mindset serupa. Betapa tidak, beberapa kawan yang sejak dulu terikat dalam ketulusan memberi dan menerima masih berlaku sama terhadapku, begitu pula sebaliknya.  Memang tidak sedikit pula yang gagal dalam menjaga ketulusan berkelanjutan untuk menghargai pertemanan yang sudah terbangun. Aku coba mendefinisikan pertemanan berbasis ketulusan merupakan investasi jangka panjang bagi kehidupan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar