Minggu, 02 Maret 2014

INSTRUMEN POLA PIKIR

Instrumen Pengubah Pola Pikir


Bukti proses pembelajaran tidak hanya di sekolah, kampus, lembaga pendidikan atau institusi lainnya, ternyata sulit terbantahkan. Setidak-tidaknya, begitu yang aku dapati selama perjalananku menjadi pegawai negeri sipil, sejak 1990. Meskipun di beberapa negeri instrumen ini hanya tinggal beberapa item saja, namun mencermati jumlah instrumen yang masih eksis di negeri berkembang semakin penting dilakukan. Hal ini dapat dijadikan ukuran kemajuan pola pilkir sistem yang layak dipahami bagi yang memerlukan. Aku menginventarisir instrumen ini dengan tujuan pembelajaran informal sehingga peningkatan pemakluman diri dapat dilakukan relatif lebih mudah. Beberapa instrumen tersebut antara lain :

1.      Selebaran
2.      Media cetak
3.      Spanduk
4.      SMS
5.      Internet
6.      Demo atau pengerahan massa
7.      Dialog warung kopi atau tempat keramaian lainnya
8.      Dan lain sebagainya yang belum aku ketahui.


Aku semakin menarik terhadap apa yang aku inventarisir ini dan berniat untuk mencermati lebih lanjut tentang sistematika tata kerjanya. Terlebih lagi aku ingin menghubungkan tentang pengaruh berbagai instrumen tersebut dengan perubahan pola pikir yang terjadi.

1 komentar: