Sabtu, 15 Maret 2014

PAMPLET PERINGATAN

Pamplet Peringatan



Aku hilir mudik melintasi Kota Langsa saban waktu sejak paruh akhir tahun 2012. Berkali aku memperhatikan sebuah pamlet peringatan beresensi syariat Islam di Langsa Barat yang dipasang sejajar jalan raya Medan-Banda Aceh. Berkali pula aku ingin membacanya dalam jarak dekat, namun waktu lintasan di tempat itu selalu saja pada malam hari sehingga sulit untuk mencermati kalimat yang tertera di sana. Suatu sore yang masih terang, aku sempat memotret pamplet itu dalam sedikit tergesa khawatir banyak orang menghampiri untuk bertanya. Isinya lumayan penting untuk membatasi gerak kaum wanita lewat empat ancaman masuk neraka. Aku sedikit bersyukur karena tidak tertera ancaman neraka kaum lelaki di sana seraya bertanya dalam hati siapa pembuat pamlet ini. Hari itu aku tahu bahwa yang membuat pamplet  itu Dinas Syariat Islam Kota Langsa yang mengutip sebuat hadist riwayat Muslim. Sepintas, aku berkesimpulan bahwa ide pemilihan hadist pada pamlet ini adalah kaum lelaki yang sedang membela kaumnya di tengah maraknya isu emansipasi wanita. Meskipun dugaanku keliru, aku meyakini tidak sedikit pihak lain yang berkesimpulan sama dalam konteks mendukung emansipasi suami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar