Kamis, 01 November 2012

JEMBATAN ULEE JALAN

Bupati Karimuddin Hasybullah intens mengawasi pembangunan jemabatan Ulee Jalan, 1994

Jembatan Ulee Jalan

Pada tahun 1990, aku mengadakan sondir untuk pembangunan jembatan Ulee Jalan di Peusangan Selatan. Waktu itu kecamatan ini masih tergabung dalam kecamatan induk, Peusangan, Kabupaten Aceh Utara. Alat sondir yang kami pakai adalah milik Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh yang dikelola oleh Ir Hasbi Arbi. Data sondir itu merupakan kelengkapan dari data perencanaan jembatan Ulee Jalan yang akan diusulkan ke Jakarta oleh Pak Suadi. Biaya sondir waktu itu sekitar 4 juta rupiah untuk empat titik.

Selanjutnya, tidak berapa lama dari usulan permintaan ke Jakarta, rangka jembatan itu tiba dengan klasifikasi tipe c. Artinya jembatan rangka Australia ini berlebar 5 meter dengan lajur kendaraan 3 meter. Oleh karena tiada kejelasan tentang anggaran masa itu, rangka baja yang telah tiba di lapangan terbiarkan bebeapa tahun. Sementara jembatan gantung di lokasi itu sudah lapuk dan tidak bisa diharapkan lagi. Banyak terjadi kecelakaan di jembatan itu, khususnya anak-anak sekolah.

Tahun 1993, tatkala Pak Karim menjadi Bupati Aceh Utara, masyarakat memohon agar segera jembatan itu dibangun. Dengan nada tinggi, Pak Karim memerintahkan aparatur sekretariat memproses pelaksanaan jembatan rangka Ulee Jalan tersebut. Dalam proses itu, tampillah A-an Rafii untuk bekerja menyelesaikannya. Pada tahun 1994 jembatan itu rampung dan dapat dilalui.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar