Senin, 05 November 2012

YANFITRI





Yanfitri

Aku kenal dengan Yanfitri sejak 1986, saat kuliah di Fakultas Teknik Unsyiah. Selaku adik kelasku, tentunya ianya lebih mengenalku saat aku dan senior lainnya mem-plonco mahasiswa baru. Sejak mahasiswa, telah terlihat bakat profesional keteknik-sipilan dalam dirinya. Setidak-tidaknya, demikian pengakuan banyak rekan terhadap Yanfitri. Setelah tahun 1988, usai aku diwisuda, lama aku tak berjumpa dengannya karena sejak itu aku mulai mocok-mocok dan pada awal 1989 aku hijrah ke Lhokseumawe. Tahun 1992, beberapa tahun aku bekerja di Dinas PU Aceh Utara, Yanfitri turut bergabung di dinas ini sebagai pegawai honor. Tidak lama bergabung, Yanfitri ikut testing pegawai daerah formasi propinsi, dan lulus untuk formasi Aceh Besar. Sejak itu aku pisah lagi dengannya.

Yanfitri, 2011
Pada tahun 1999, saat pemekaran Kabupaten Bireuen, Yanfitri dimintakan pulang ke Bireuen oleh Pak Hamdani Raden, bupati masa itu. Dalam pembicaraan dengan Bupati Hamdani Raden, aku berkomentar tentang kualitas Yanfitri, tatkala ditanyakan kepadaku. Memang kebiasaan Pak Ham menguji kualitas orang-orang dengan cara jajak pendapat yang dilakukannya sendiri karena beliau paling tidak suka mendengar laporan pembusukan.

Saat pelantikan para pejabat di kabupaten baru, Bireuen, 5 Pebruari 2000, Yanfitri ditempatkan pada salah satu kepala seksi di Dinas Cipta Karya Bireuen. Meskipun aku menjabat selaku Kepala Dinas Cipta Karya, koordinasiku dengan Yanfitri cukup intens, mengingat penanggulangan ruas jalan lingkungan menjadi tanggungjawabnya. Banyak perencanaan yang dapat dibuatnya meskipun anggaran tidak tersedia. Semangat euforia kabupaten pemekaran cukup kuat membangun kebersamaan dan mampu menggalang kompetensi rekan-rekan sesama aparatur.

Selaku pejabat, Yanfitri banyak mengalami masa jatuh bangun. Pernah dari jabatan kepala bidang ia dimutasikan pada posisi tanpa peran di Bappeda, bergabung denganku lagi. Tapi dengan  specifik karakternya ia tidak pernah mempersoalkan hal itu. Aku memahami sosoknya, selaku engineer ia selalu menyampaikan siap tanding dibidang ke-teknik-sipilan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar