Selasa, 01 April 2014

KULIAH UMUM DI FAKULTAS EKONOMI

Kuliah Umum Pasca Sarjana Ekonomi
 
Razuardi Ibrahim bersama Ketua PPS Ekonomi Unsyiah

Aku disajikan sebuah judul kuliah umum, yakni Kajian Kesiapan Aparatur Pemerintah  Dan Swasta Dalam Implementasi  Master Plan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia  Di Aceh. Esensinya tentu mengacu kepada  Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (MP3EI) ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia dalam PERPRES Nomor 32 Tahun 2011.          
                          
MP3EI merupakan arahan strategis dalam percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia untuk periode 15 (lima belas) tahun terhitung sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2025 dalam rangka pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005 – 2025 dan melengkapi dokumen perencanaan yang ada.
Beberapa kesimpulan bahasan terkait kesiapan aparatur yang berperan dalam sistem pelayanan dimunculkan oleh para akademisi di ruang itu. Dari teori aktor pembangunan, dengan domain pemerintah (selaku pembuat regulasi, fasilitasi, serta motivasi), domain dunia usaha (aksi, permodalan,  produksi, lapangan kerja), dan domain masyarakat (partisipasi), aparatur profesional yang dibutuhkan, yakni aparatur yang mampu menterjemahkan konsep program dan kegiatan, aparatur yang interpreneur, aparatur yang solutif, aparatur yang promotif, dan yang memiliki nilai positif lainnya sesuai situasi kearifan lokal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar