Selasa, 01 April 2014

STATUS APARATUR

Razuardi Ibrahim, Pj Dekan FT Al Muslim
2006
PENETAPAN STATUS KEMAMPUAN APARATUR
DALAM MENGELOLA PEMERINTAHAN
Razuardi Ibrahim


Abstraksi

Beberapa informasi objektif menggambarkan intelektual asal kampus dianggap gagal menggerakkan institusi aparatur pemerintahan dalam aspek pemberian solusi program pembangunan terukur. Selain membangun citra negatif terhadap para akademisi, kondisi ini berpeluang menggiring pemikiran umum terhadap kualitas sistem pembelajaran yang berjalan selama ini. Meskipun belum dilakukan penelitian terhadap isu berkembang seperti ini, dapat diduga terdapat kesenjangan antara landasan teoritis dengan aplikasi di lapangan kerja aparatur.
Aparatur pemerintahan yang berorientasi kepada pelayanan publik, tentunya telah terbekali berbagai jenjang pendidikan struktural serta aturan pelayanan yang rutin terimplementasikan ke dalam berbagai kebijakan aplikatif. Kolaborasi kemampuan akademis produk proses pembelajaran kampus dengan berbagai materi pendidikan aparatur serta pengadaptasian terhadap karakteristik pelayanan publik dalam kurun waktu tertentu, berpeluang untuk membentuk aparatur yang mampu memenej institusi tertentu.
Persoalan yang belum terungkap dari fenomena ini ialah penetapan status keterampilan yang dimiliki aparatur tertentu terhadap kemampuannya mengapilaksikan bekal akademis berkolaborasi dengan keterampilan manajerial ke dalam strata akademis akibat pembiaran kondisi berkelanjutan. Penetapan ini menjadi penting tatkala hambatan pembangunan semakin jauh dari tujuan harapan kesejahteraan sebagaimana yang termaktub di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, tanpa dapat disimpulkan sebab musabab dari kondisi yang terjadi.  

Oleh karenanya, tidaklah salah jika program studi tertentu di Universitas Syiah Kuala mengambil peran untuk menetapkan status personal aparatur dengan kriteria dan persyaratan tertentu untuk dinyatakan sebagai aparatur terampil dalam suatu strata manajerial pembangunan. (rajju, 01.04.14)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar