Minggu, 10 Maret 2013

AYAH ILYAS DAN MESJID DARUL ISTIQAMAH


Pengabdian Ayah Ilyas di Mesjid Darul Istiqamah

Ayah Ilyas di Mesjid darul Istiqamah
Keberadaan Mesjid darul Istiqamah, yang dibangun di atas tanah seluas  1.495 m2,  di Dusun Barat, Desa Geulanggang Teungah, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, telah rampung sekitar 50 persen. Luas lantai bangunan adalah 352 m2 yang terdiri dari ruang shalat seluas 256 m2 dan teras beserta ruang kantor seluas 96 m2. Bangunan mesjid direcanakan berlantai dua dengan kontruksi permanen.

Peletakan batu pertama dilakukan sekitar Mei 2007 oleh Nazar, Wagub Aceh. Rencananya, mesjid tersebut dapat dipakai pada Ramadhan 2009, meskipun dalam keadaan lantai hanya terbuat dari beton kasar namun bisa dilapisi karpet vinil. Pembangunannya tertunda hingga 2011 dan berlanjut kembali tatkala mendapat bantuan pembuatan pagar.

Selanjutnya, rencana penggunaan pertama yakni untuk shalat Jum,at sekaligus peresmian pada 18 Januari 2013. Sementara aku shalat Jumat pertama di situ 25 Januari 2013. Sebelum pemakaian perdana, pada Jum’at, 11 Januari 2013, Ayah Ilyas berpulang ke Rahmatullah dan dishalatkan di mesjid tersebut. Semasa hidupnya, Ayah Ilyas cukup intens mengawasi pembangunan mesjid ini serta menjaganya dari ternak yang datang mengotori, di samping juga bertindak selaku panitia pembangunan. Memaknai berpulangnya Ayah Ilyas mendahului penggunaan perdana tersebut, dapatlah dimaklumi kehendak Allah lebih bijak dari makhluknya. Penyelenggaraan shalat jenazah terhadap almarhum Ayah Ilyas di mesjid ini menyiratkan pengabulan cita-citanya dalam penyerahan diri untuk menjadi penjaga mesjid itu. Mahabesar Allah lagi bijaksana, dengan doa semoga Ayah Ilyas mendapat tempat di sisinya. Amin ya rabbal alamin.

Mesjid darul Istiqamah
  



     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar