Minggu, 03 Maret 2013

MODEL RAMBUT


Model Rambut Pemuda
Salah satu model rambut
yang tidak dipersoalkan
lagi, 2011
Sejak aku mengenal dan kagum kepada model rambut pemuda, ketika di kelas satu sekolah dasar, 1968, aku mulai menaruh perhatian terhadap pekembangan ini. Pada waktu itu anak muda laki-laki setingkat SLTP berusaha untuk berambut panjang atau gondrong hingga bahu. Tidak jarang kulihat razia di jalan-jalan oleh yang berwajib untuk menggunting rambut mereka. Di sekolah-sekolah pun demikian, para guru bersiap dengan gunting ditangan yang setiap saat siap menggunting rambut anak muda yang sudah menutup kuping. Isu razia potong rambut dibicarakan di berbagai tempat. Banyak anak muda tertentu yang dikerumuni kawan-kawannya untuk mendengar ceritanya lolos dari razia, baik di jalan maupun di sekolah. Di tahun 1974, tatkala aku menduduki kelas 1 sekolah menengah pertama (SMP), selera model rambut mulai bergeser meskipun masih banyak anak muda berambut gondrong. Anak laki-laki mulai mengikuti model rambut belah tengah. Bagi yang berambut keriting dan sulit untuk mengikuti model rambut belah tengah ini, mereka menyisir ke belakang. Model ini bertahan relatif lama dan aku saksikan hingga aku memasuki kuliah pada 1980, masih banyak anak-anak muda serupa ini. Pada pertengahan 1980-an, model rambut anak muda mulai beragam, tidak terikat dalam satu selera yang memperkuat identitas trend masa itu. Aku berkesimpulan bahwa tatkala, dilakukan pembendungan terhadap selera mode akan terjadi perlawanan yang hebat dari pengguna selera. Di tahun 2000-an, model rambut anak muda sudah relatif banyak serta lebih berani mengekpose warna-warni bahkan gundul berwarna-warni dan tidak dipersoalkan lagi.


2 komentar: