Selasa, 12 Maret 2013

PENULIS THANTAWI JAUHARI


Penulis Buku Thantawi Jauhari

Thantawi Jauhari, 1988
Ir Thantawi Jauhari, MSc, merupakan dosen senior di Fakultas Teknik. Aku pernah mengikuti mata kuliah jalan raya pada beliau di tahun 1983. Sosok dosen ini cukup fair memberi penilaian kepada mahasiswa dan aku alami sendiri pada saat ujian mata pelajaran jalan raya. Selanjutnya, aku sering bertemu Pak Thantawi pada acara di fakultas saat beliau menjabat dekan Fakultas Teknik atau pada saat beliau menjadi salah seorang pengawas di BRR yang rutin mengunjungi kabupaten-kota pesisir, 2006. Bagiku, Pak Thantawi cukup mengesankan dalam hal pembelaan almamater dan bertekad menegakkan moral intelektual sarjana teknik sipil Unsyiah,  di samping menjaga prestise lewat penjagaan standar kompetensi. Hal ini kerap kami bicarakan di ruang kerjaku ketika aku masih menjabat selaku Asisten Ekonomi dan Pembangunan sejak 2006 hingga berakhirnya BRR di Aceh. Ketika itu, aku dan Pak Thantawi bersepakat, bahwa “betapa ruginya kita manakala berbagai pengalaman kerja keteknik-sipilan dan catatan kuliah masa lalu, tidak dibukukan sebagai sebuah karya akademis antar generasi,” kataku masa itu.  Secara pribadi aku merasakan, bahwa aku memahami konsep pembangunan jalan ketika di fakultas melalui bimbingannya yang cepat.

Pada tahun 2012, aku mendengar bahwa Pak Thantawi menulis buku pelajaran tentang Konstruksi Kayu. Tentu aku senang sekali karena hal yang pernah kami perbincangkan jadi kenyataan. Aku membeli buku itu ke fakultas pada awal 2013, namun tidak aku dapati. Tanpa rencana, pada hari Jumat (8/3/2013), aku bertemu dengan Pak Thantawi di rumah Cut Zen di Lambhuk, Banda Aceh. Pak Thantawi bercerita bahwa sudah tiga buku teknik sipil diselesaikannya, “namun yang baru dicetak hanya buku Konstruksi Kayu,” katanya. Beliau juga mengatakan, tatkala peralihan kepemimpinan fakultas dari beliau kepada yang lain, turut diserahkan sejumlah dana untuk keberlanjutan penerbitan buku karya para dosen. Namun karena perlu untuk penyelesaian mesjid di kampus itu, dana tadi tergunakan.

2 komentar:

  1. Asalamualikum pak Razuardi
    sebagai saran untuk mencetak buku secara free bisa di lakukan di nulisbuku.com


    keterangan ttg nulis buku .com yang saya kutip diwebsite mereka sbb:

    "Kami percaya setiap orang mempunyai impian, salah satunya adalah impian untuk memiliki sebuah buku yang ditulis sendiri. Kami juga percaya bahwa sebuah buku akan mempunyai makna yang lebih jika kita bisa membagikan kepada banyak orang, apalagi jika dari situ kita bisa mendapatkan imbalan (royalti) sebagai salah satu bentuk penghargaan atas hasil karya kita.

    Situs nulisbuku.com

    Karena alasan itulah nulisbuku.com hadir, sebagai sebuah perusahaan jasa layanan penerbitan untuk membantu mewujudkan impian semua orang menerbitkan buku secara GRATIS dan mudah.

    Nulisbuku.com juga menyediakan sebuah toko buku online yang digunakan sebagai tempat untuk berbagi atau menjual sebuah karya (buku) yang telah diterbitkan melalui kami.

    Toko Buku Online: Nulisbuku.com


    Impian kami adalah membuat semua orang - semua penulis blog (blogger), koki, ibu rumah-tangga, pelajar, mahasiswa, fotografer, guru, dosen, semua orang (termasuk Anda!)- bisa menjadi penulis, dan menerbitkan buku impian!

    - Ingin tahu lebih banyak tentang layanan kami? Klik di sini: http://nulisbuku.com/faq

    - Bagaimana cara upload naskah di nulisbuku.com? Baca panduannya lengkap di sini: http://nulisbuku.com/cara-input-naskah

    Ingin menghubungi kami? Silakan email ke admin@nulisbuku.com, atau YM ID kami: nulisbukudotcom, atau follow Twitter kami: @nulisbuku
    dan untuk informasi Afrizal Akmal (inisiator Hutan wakf telah memembuat buku di nulisbuku.com tersebut pak.

    demikian informasinya pak


    Salam
    Azhar



    BalasHapus
  2. terima kasih azhar, atas infonya

    BalasHapus