Selasa, 01 Januari 2013

H SAFWAN RAZAK


H Safwan A Razak

H Safwan Razak
 Aku mengenal Bang Wan, panggilan H Safwan A Razak, pada tahun 1991. Waktu itu Bang Wan mendapat pekerjaan di bidang ke-ciptakaryaan, yakni pembuatan jalan lingkungan. Aku diperintahkan Sekda Aceh Utara, waktu itu Ismail Bantasyam, untuk menerima dan menjelaskan teknis kerja jalan tersebut. Pertemuan pertama dengan Bang Wan cukup mengesankan, di mana dia menunjukkan keramahan dan kesopanan yang tinggi meskipun aku jauh di bawah usianya. Suatu hari aku ke Bireuen untuk melihat lokasi kerjanya. Di sana aku ditemani anak buahnya dan Bang Wan sendiri. Dia tinggal di Desa Geudong Teungoh, desa yang rapat sekali penduduknya di pusat kota Bireuen.

Anak-anak muda di desa itu umumnya menyenangi Bang Wan. Di samping cukup dermawan, Bang Wan sebagai tempat mengadu tatkala anak-anak muda di desa itu berurusuan dengan aparat berwajib seperti terlibat perkelahian, tabrakan, dan lain sebagainya. Di rumahnya, Bang Wan banyak menampung anak-anak muda putus sekolah, tidak punya kerjaan, dan yang kurang mampu. Setelah itu baru aku ketahui bahwa Bang Wang adalah Ketua AMPI wilayah Bireuen. Bang Safwan meninggal dunia pada 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar