Sabtu, 26 Januari 2013

SERI FAKULTAS TEKNIK-12

Penciptaan Mars dan Hymne Isatsi

Razuardi Ibrahim, 2005
Waktu itu tahun 2002, beberapa alumni Fakultas Teknik yang juga dosen meneleponku di Lhokseumawe. Mereka yang terdiri dari Dr Ir Agussalim MSc, Dr Ir Alfiansyah YBC, Dr Ir Taufiq Saidi M Eng, dan Ir Sofyan M Saleh, M Sc, memberitakan bahwa mereka akan membentuk Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI). "Kira-kira ada dukungan dari kawan-kawan Lhokseumawe ?," tanya Alfiansyah. "O, jelas," sahutku seraya bergegas menghubungi Wesli dan Maimun Bewok. Beberapa hari kemudian aku mengajak rapat kecil, Wesli dan Maimun di kantor konsultan PT Pilar Teguh Perkasa, Kutablang, Lhokseumawe. Banyak juga kawan-kawan yang hadir waktu itu. Menurut Maimun, ianya sudah mendengar juga tentang rencana ini dari Rachmatsyah Nusfi, salah seorang pendesain organisasi dan deklarator.
Wesli, 2005

Menurut Pak Agussalim, organisasi yang dideklarasikan pada 28 September 2002 di Kopelma Darussalam ini tidak terbatas untuk alumni Fakultas Teknik Unsyiah saja. "Tapi untuk semua sarjana teknik sipil yang ada di Aceh," kata Pak Agussalim seraya menjelaskan fungsi organisasi lebih menekankan kepada pembinaan ke-insinyuran. Aku dan kawan-kawan lain di Bireuen, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe menyambut baik rencana ini tidak lebih karena kekaguman terhadap sosok-sosok deklarator yang mampu berkolaborasi dalam pengabdian lintas angkatan. 

Mereka meminta kami dari tiga kabupaten-kota untuk menyiapkan rencana musyawarah. Aku bersama Wesli dan Maimun, menggiring acara diadakan dalam satu tempat dan waktu bersamaan. Kami memilih gedung serba guna PT Arun atas bantuan Bang Bustami AB, Bang Sufrin Bustami dan Faizin, karyawan di perusahaan itu. Pada tanggal 5 April 2003, perhelatan musyawarah Isatsi terselenggara dengan sukses.  Pada hari itu pula kami me-launching mars dan hymne Isatsi untuk melengkapi akte pendirian, AD-ART, dan perizinan lainnya. Kedua nyanyian yang kutulis bersama Wesli, dinyanyikan bersama-sama oleh sekitar 150 sarjana teknik sipil yang ada di Bireuen, Aceh Utara, dan Kota Lhokseumawe. Acara semakin semarak tatkala pembukaan di lakukan oleh Bupati Aceh Utara, Ir Tarmizi Karim, MSc. 

Mars Isatsi
cipt Razuardi Ibrahim dan Wesli-2003
4/4

Ikatan Sarjana Teknik Sipil
Nangroe Aceh Darussalam
Komunitas Profesional
Menyambut Era Globalisasi

Ikatan sarjana Teknik Sipil
Akan selalu mengabdi
Menjunjung tinggi kode etik profesi
Memayungi para teknisi

Reff :

Isatsi, Isatsi
Capailah kenyataan dengan visi
Isatsi, Isatsi
Satukan kami dalam berbakti

Hymne Isatsi
cipt. Razuardi Ibrahim dan Wesli-2003
4/4

Wadah kami berhimpun
Tuk wujudkan karya nyata
Tuk membina profesi
Ikatan sarjana Teknik Sipil

Kami ingin membangun
Negri tanah ibu pertiwi
Dengan payung Isatsi
Ikatan sarjana Teknik Sipil

Reff ;

Di Nangroe Aceh Darussalam
Tanah persada kita bermula
Kembangkanlah sayapmu
Ke s’luruh negri Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar