Senin, 07 Januari 2013

SEMINAR INTERNASIONAL KIB


Seminar Internasional Tentang KIB

Razuardi Ibrahim dalam Seminar Internasional, 2007
Suatu hari di tahun 2007, aku dikirimi surat tentang kesediaanku mempresentasikan konsep bangkitan ekonomi kawasan. Aku diminta mempersiapkan materi beserta slide presentasi oleh panitia. Event itu berskala internasional yang bertajuk “The 2nd International Conference on Development of Aceh” bertempat di Gedung Olah Raga Exxon Mobil,  Lhokseumawe. Banyak tamu dari Malaysia yang datang, khususnya dari universitas terkenal di sana. Intinya, konferensi internasional itu bertujuan untuk memberi solusi terhadap pembangunan Aceh pasca tsnami.

Ody, Desi, dan Aku, 2007, usai Seminar
Aku diberikan judul makalah tentang peluang bangkitan ekonomi masyarakat melalui kawasan industri Bireuen dengan analisa keunggulan aspek geografis strategis. Secara akademis, kawasan industri Bireuen bernilai tinggi dari peluang dan kekuatannya. Dan dalam presentasi yang Aku tampilkan, kondisi eksisting tidak dalam khayalan seperti dianekdotkan beberapa rekan di Bireuen, “cet langet.” Peserta dari Malaysia juga tertarik dengan kehandalan kawasan yang aku presentasikan serta mereka menunggu terbitnya “proceedings” seminar itu. Saat itu aku yakin pertumbuhan kawasan itu hanya terhambat oleh anekdot.  Peranan sebagian  rekan-rekan jurnalis juga memperberat isu kawasan dengan istilah cet langet, setidaknya begitu diberitakan koran. Namun aku beri apresiasi kepada dua rekan jurnalis yang turut mempersiapkan presentasiku kala itu, Ody dan Desi.

Tidak lama berselang setelah seminar, beberapa rekan sesama akademisi menelepon tentang kemungkinan melakukan investasi sebagai aktivitas ekonomi bagian barat Bireuen. Mereka memperoleh info tersebut dari perpustakaan nasional, “Published by The Committe of The 2nd International Conference on Development of Aceh ‘From a Better Past Towards a Better Prospect’ University of Malikussaleh, Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia, December 29-30, 2007.”  Kali ini aku takut memberi komen atas pertanyaan rekan-rekan peserta konferensi dengan maksud jangan lagi terlibat anekdot cet langet. Karena anekdot juga dapat merupakan hambatan dalam suatu sistem analisa SWOT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar