Selasa, 29 Januari 2013

JARAK BIREUEN


Pengembangan Jarak (Jathropha Curcas) Bireuen

Bahwa untuk mengembangkan suatu potensi di daerah/kawasan dengan tepat sasaran perlu dilakukan langkah-langkah strategis berbasis alamiah sehingga potensi yang diharapkan pengembangannya ini bernilai promosi dan mampu menggerakkan nilai promosi ini dengan sendirinya dan berkesinambungan.

Tumbuhan Jarak (Jathropha Curcas) sebagai salah satu penghasil biodiesel yang mudah tumbuh dalam jumlah banyak di dataran Kabupaten Bireuen merupakan tanaman yang baru diperkenalkan manfaatnya kepada masyarakat. Di tengah sebagian masyarakat Kabupaten Bireuen promosi ini telah mendapat sambutan yang positif dengan salah satu indikasinya adalah tumbuhnya kelompok masyarakat yang melakukan pembibitan serta kelompok masyarakat pemilik lahan marginal melaporkan miliknya ke pemerintah kabupaten.  Sementara pabrik biodiesel yang telah terpasang dengan kapasitas poduksi 2.000 liter/hari telah siap menampung bahan baku sebanyak 6.000 kg/hari.

Oleh karenanya perlu disikapi kondisi ini dengan menerapkan rangkaian kegiatan strategis dengan memberi apresiasi kepada kelompok masyarakat yang telah menyambut baik kebijakan pemerintah sehingga tanaman ini dapat memberi insentif kepada masyarakat dari proses pembibitan, penanaman hingga masa panen, di samping tujuan pokok program yaitu menumbuhkan atmosfir ekonomi mikro pada tahap awalnya hingga berkembang menjadi nuansa ekonomi makro.

Strategi awal yang mudah dan mampu dilakukan oleh pemerintah kabupaten dengan komitmen pemberdayaan ekonomi masyarakat serta mendapatkan nilai promosi, adalah  :

  1. Memberi penghargaan kepada kelompok petani pembenihan dengan cara membeli produk bibit dari kelompok ini dengan harga tertentu sesuai  tahap promosi sehingga mewujudkan gairah penanaman  di kelompok masyarakat itu sendiri.

  1. Memberi penghargaan kepada kelompok pemilik lahan terlantar dengan cara memberikan bibit produk masyarakat pembibitan dan kelompok ini diberikan biaya penanaman dengan besaran harga tertentu sesuai  tahap promosi sehingga juga mewujudkan gairah penanaman  di kelompok masyarakat itu sendiri.

  1. Membeli hasil panen dari masyarakat untuk kebutuhan pabrik biodiesel dengan harga tertentu.
Pengalaman masyarakat pembibitan pohon  jarak dan pengamatan  lapangan di Kabupaten Bireuen, perhitungan modal penanaman adalah :

  • Jumlah polybag ukuran 18/25      per kg adalah  170 buah
  • Harga polybag per Kg (per Juni 2006) adalah Rp. 13.000,-
  • Volume pupuk kandang per truck adalah 5 m3
  • Harga pupuk kandang (per Juni 2006) per truck adalah Rp. 200.000,-
  • Jumlah polybag yang terisi per truck pupuk kandang adalah 5.000 buah
  • Kemampuan kerja orang untuk pembibitan perhari adalah 500 polybag perhari
  • Jumlah biji jarak adalah 900 butir perkilogram                          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar