Sabtu, 16 Februari 2013

APATUK


Zulkifli Puteh (Apatuk)

APATUK,  alm
Namanya Zulkifli Puteh, meninggal tahun 2001, dikebumikan di Desa Pulo Ara Bireuen. Sosok ini merupakan sosok penggembira di antara para tokoh di Bireuen. Orang-orang tertentu di Bireuen membatasiku berhubungan dengan Apatuk.  Mereka beralasan bahwa Apatuk buta huruf dan punya masa lalu yang kurang baik. Kisah masa lalu yang disampaikan kepadaku, sebelumnya sudah  pernah diceritakan Apatuk, panggilan akrab Zulkifli Puteh, dengan ulasan-ulasan jenaka. Kondisi pembusukan atau upaya menjarangkan hubunganku dengan Apatuk berlangsung hingga aku menduduki jabatan Kepala Dinas Bina Marga Bireuen tahun 2000.  Salah seorang kontraktor kelas atas yang intens mengingatkanku agar aku berhati-hati dengan Apatuk seakan tersinggung karena aku tidak menggubris. Upaya pemisahan hubunganku dengan Apatuk semakin keras, merambah hingga tudingan kepadaku bahwa aku memberi proyek-proyek besar kepadanya. Aku tidak perduli dengan omongan orang-orang serupa itu, dan tetap membina hubungan akrab sejak tahun 1994, tatkala aku menjabat Pemimpin Proyek Inpres Peningkatan Jalan Kabupaten (IPJK). Banyak rekan-rekan di Bireuen yang diorbitkannya sebagai kontraktor dengan ketulusan luar biasa. Aku menggolongkan Apatuk sebagai tokoh masyarakat karena banyak solusi yang diberikannya kepada persoalan rekan-rekan di Bireuen tanpa mengharapkan keuntungan pribadi. Orangnya cukup kocak dan mampu menghibur berbagai kalangan, khususnya rekan-rekanku yang datang dari lain kota. 

1 komentar:

  1. Dia..... Mertua yang menjadi orang tua, guru dan segalanya.......Allahummaghfirlahu, warhamhu.......

    BalasHapus