Sabtu, 09 Februari 2013

LOGO UNSYIAH

Logo Unsyiah sebelum 1980-an
Pada tahun 1970-an, aku melihat logo Universitas Syiah Kuala berbentuk kelopak bunga bersegi lima dengan gambar tugu kampus Darussalam di tengahnya. Setidak-tidaknya, begitu yang kupahami dari pengamatan masa lalu tanpa pemaknaan lebih lanjut. Logo itu dulu mampu membangun imej berbagai kalangan tentang pentingnya perguruan tinggi untuk Aceh dan membangun Komplek Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam. Di tahun 1980-an, aku tidak tahu tepatnya tahun berapa, logo itu dilengkapi dengan lingkaran yang mengelilingi simbol yang pertama. Dalam setiap laporan mahasiswa hingga skripsi logo Unsyiah berbentuk lingkaran ini menjadi kebanggaan baru yang juga membangun imej baru. Pada tahun 2013, aku ke kampus, logo Unsyiah berubah kembali ke bentuk semula, namun aku tidak terinformasikan tentang bilamana dan alasan perubahan itu dilakukan. 

Logo Unsyiah pada 1980-an, aku dan kawan-kawan seangkatanku  menggunakan logo ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar