Minggu, 24 Februari 2013

MORALITAS RANCANG BANGUN INFRASTRUKTUR

Razuardi Ibrahim didampingi Sofyan M Saleh
dalam kuliah tamu, 18-02-2013 


Membangun Moralitas Rancang Bangun Infrastruktur

Pada Senin, 18 Pebruari 2013, Jurusan Teknik Sipil Unsyiah mengadakan kuliah tamu. Ketua Jurusan Teknik Sipil menghubungiku untuk dapat mengisi kuliah tamu tersebut. Materi yang kusampaikan pada hari itu berjudul Moralitas Rancang Bangun Infrastruktur. Ketua Jurusan Teknik Sipil Unsyiah, Ir Maimun Rizalihadi, M Sc Eng  mengatakan, “bahwa kuliah tamu merupakan program jurusan teknik sipil yang sudah berjalan selama 3 tahun terakhir.” Menurut Maimun, kuliah tamu ini sangat bermanfaat bagi perkuatan civitas akademika Fakultas Teknik Unsyiah, “khususnya mahasiswa,” kata Maimun.

Di hadapan tiga ratus mahasiswa dan dosen jurusan sipil yang mengambil tempat di Balee Keurukon Fakultas Teknik, aku mengharapkan adanya kontribusi moral dalam dunia rancang bangun infrastruktur di Aceh. “Kontribusi moral dalam hal ini dimaksudkan adalah bertahannya nilai-nilai suatu konsep ketekniksipilan yakni mampu membangun dengan safety, efisiensi dan efektif.” Banyak mahasiswa yang aktif bertanya dalam kuliah itu, sementara aku berpesan kepada mereka agar selalu mengedepankan moral dalam mendesain infrastruktur.

Dalam menyongsong usia ke 50 tahun ini, jurusan teknik yang berdiri sejak tahun 1963 ini, telah melahirkan sebanyak 3000-an lulusan yang tersebar di seluruh tanah air.  Di akhir pertemuan, aku berharap adanya keterkaitan berkelanjutan antara alumni yang juga praktisi di luar kampus dengan para pengajar di lingkungan kampus.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar