Kamis, 28 Februari 2013

MENJADI PRAMUKA

Menikmati Pramuka

Razuardi Ibrahim dan Amir Hasan Nazri, 1973

Malam tadi, 27/02/13, aku senang sekali. Pasalnya, Dahlawi rekanku saat di sekolah dasar (SD) datang membawa fotoku bersamanya. Waktu itu bulan Agustus tahun 1973, kami murid SD Negeri 16 Banda Aceh mengikuti perkemahan pramuka di Lueng Bata, Banda Aceh, dalam rangka HUT Pramuka. Aku tersengal melihat foto itu, karena membayangkan beratnya ekonomi nenekku untuk mendukung keinginanku ber-pramuka, kala itu. Kesedihanku bertambah, tatkala kubayangkan selama perkemahan itu, beberapa kawan dikunjungi orang tuanya, sementara aku hanya diajak mendekat untuk makan kue bawaan orang tua atau famili mereka yang lain. 
Nasullah dan Dahlawi
1973
Dalam foto itu terlihat Amir Hasan Nazri (Acang), Ahmad Dahlawi (Wiwi, abang Acang), Safruddin (Masfud) dan Nasrullah (Acon). Safruddin merupakan ketua regu kami, yang memang ukuran badannya lebih besar dari rata-rata kami.  Namun semua kesan di foto menyenangkan meskipun melelahkan karena memang aku bercita-cita bisa menikmati alam pramuka seperti kawan-kawan lain yang berekonomi lebih baik. Suatu hal yang menjadi pembelajaran berharga bagiku, yakni pada saat itu aku ditugaskan mencari sumbangan kepada masyarakat Cot Mesjid, di kawasan Lueng Bata, untuk pembangunan mesjid besar yang sedang dibangun di areal perkemahan. Umumnya masyarakat menyumbang asam sunti serta beberapa hasil kebun lainnya. Sumbangan itu aku masukkan ke dalam plastik dan dikumpulkan kepada panitia untuk dijual ke pasar. 
Safruddin, 1973

2 komentar:

  1. Alhamdulillah, temanku Razuardi alias Essex bertemu kembali setelah aku dan dia dikaruniai masing2 tiga orang dan lima orang putra-putri. Essex,kuduga adalah gelar yang diberikan oleh teman2 kuliahnya.Seingatku, pada zaman itu, ada 3 David yang paling ngetop : David Bowie, David Cassidy dan David Essex. Temanku yang 1 ini mirip dengan David yang terakhir. Bravo Essex - Razuardi sahabat karibku........ ttd. Amir Hasan Nazri Almoedjahied.

    BalasHapus